Saturday 17 October 2015

Permasalahan yang sering terjadi pada smartphone

No comments


Halo sahabat komputer, kali ini saya akan membahas masalah android, sobat semua saya yakin pasti rata-rata sudah menggunakan android kan..?? nah pernah mengalami permasalahan-permasalahan yang membuat sobat jadi kesal?? Oke langsung simak aja..

1. Aplikasi android Force Close atau FC
pernah gak saat sedang asik-asik main instragam, facebook, twitter, atau yang lainnya, tiba-tiba aplikasinya mati sendiri?? pasti sangat kesal kan.. 
tapi tenang aja untuk masalah ini sobat gak perlu kuatir dan takut, itu terjadi mungkin bisa karena ram android sobat terlalu sesak dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada android. disarankan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan, supaya ram tidak terlalu sesak. Cara kedua dengan menghapus cache pada aplikasi yang FC. Caranya masuk pengaturan, pilih Aplikasi, kemudian pilih pada aplikasi yang FC, lalu hapus cache. Jika cara tersebut belum bisa, maka coba hapus data, namun data sobat pada aplikasi akan hilang dan harus login lagi. Jika masih belum bisa maka uninstall aja dah terus install lagi :D

2. Gagal menginstall aplikasi android
Para pengguna Android, terutama mereka yang masih baru berkenalan dengan platform ini, sering bingung ketika mengunduh file apk atau file aplikasi dari luar Google Play. Sering kali tidak bisa mengunduh atau menginstalnya. Muncul pesan bahwa tidak diizinkan untuk mengunduh atau menginstal aplikasi tersebut. Apa yang salah? Sebenarnya sih hanya masalah pengaturan saja.
Android memang menganjurkan untuk mendownload dan menginstal aplikasi yang berasal dari app store resmi, yaitu Google Play. Google tidak akan bertanggung jawab terhadap adanya virus, crash atau masalah Android lain karena program atau aplikasi yang didapat bukan dari Google Play. Masalah Android ini bisa diatasi dengan masuk ke menu pengaturan, lalu klik ‘Aplikasi’. Jika sudah, pada bagian paling atas, klik atau beri tanda centang pada ‘Sumber Tidak Diketahui’. Menu ini mengizinkan Android melakukan penginstalan aplikasi yang bukan berasal dari Google Play. Jika sudah, Sobat bisa menginstal aplikasi yang Sobat dapatkan dari sumber lain.

3. Bootloop
nah ini nih yang mungkin paling sering dialamin oleh para opreker android. Buat mereka sih bootlop hal biasa, karena kalo android belum bootlop belum "Tamvan" :D 
oke, buat yang bingung kalo android nya bootlop saya akan jelaskan,
Jika terjadi bootloop atau proses restart secara terus-menerus, tidak dapat masuk ke dalam OS biasanya disebabkan oleh kesalahan sistem akibat kesalahan flashing atau juga aplikasi yang tidak cocok dengan perangkat Sobat. Untuk itu, sebaiknya lakukan pengecekkan terlebih dahulu dan tidak memaksakan untuk menginstal aplikasi tersebut secara terus-menerus.
Periksa dahulu penyebab masalah Android Sobat. Jika diakibatkan oleh file atau aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat Sobat dan Sobat memaksakannya terus, maka lakukan proses uninstall melalui komputer. Jika langkah tersebut tidak bisa dilakukan, maka terpaksa Sobat harus mengembalikannya ke kondisi default. Nah cara mengembalikan android ke kondisi default bisa baca disini

Oke sampai sini dulu pembahasan tentang Permasalahan yang sering terjadi pada smartphone,buat yang masih kurang jelas atau mengalami masalah lain bisa tanya di komentar. sampai jumpa lagi pada post berikutnya.

 


No comments :

Post a Comment